blog-details

Sosialisasi Ekspor Itu Mudah Mengudara Di Radio MFM Malang

  • Berita Terkini
  • By Redaksi Bcmalang

Malang – Jumat (18/11/2022), Bea Cukai Malang kembali mengudara di Radio MFM Malang untuk memberikan sosialisasi tentang kampanye ekspor itu mudah dengan tema "UMKM fenonemal, tembus pasar internasional" kepada masyarakat luas, khususnya para pendengar Radio.
Sosialisasi dibawakan oleh tim klinik ekspor Bea Cukai Malang yaitu Agnita Adityawardani, Pemeriksa Bea dan Cukai Pertama / Ahli Pertama dan Ricky Wijaya, Pelaksana Pemeriksa pada Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi, sejalan dengan misi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) dalam memfasilitasi perdagangan dan industri dalam bentuk pengembangan dan pemberdayaan UMKM menembus pasar ekspor.
Pembahasan sosialisasi kali ini meliputi peran UMKM yang sangat penting dalam perekonomian global, yaitu 9 dari 10 bisnis di dunia merupakan UMKM, UMKM berkontribusi pada 1/2 dari GDP global, dan 2 dari 3 pekerjaan di dunia diciptakan oleh UMKM.
Pondasi dasar UMKM ekspor dirangkum dalam 6P (6 prinsip) UMKM ekspor yaitu Profil usaha, Produksi, Pemasaran, Pengiriman, Pembayaran, dan Program berkelanjutan.
Sampai dengan bulan November 2022 terdapat UMKM di Malang Raya yang telah berhasil perdana menembus pasar ekspor antara lain UMKM dengan produk rumput laut ekspor ke Vietnam, produk kain gendongan bayi ekspor ke Malaysia, singkong beku ke Curacao Amerika Selatan, dan UMKM dengan produk kripik buah ekspor ke Malaysia.
"Bahwa semakin besar ekspornya maka makin kuat ekonomi suatu negara. Sehingga dalam rangka penguatan ekonomi nasional dan daerah, apabila ada UMKM yang mempunyai produk yang ingin dikembangkan ke pasar ekspor, klinik ekspor Bea Cukai Malang siap memberikan pendampingan sampai bisa ekspor" ujar Agnita


SISTEM APLIKASI PELAYANAN