blog-details

Perkuat Kegiatan Patroli, Bea Cukai Amankan Puluhan Ribu Rokok Ilegal

  • Berita Terkini
  • By Redaksi Bcmalang

Malang – Berawal dari kegiatan patroli darat dalam rangka Operasi Gempur II, Tim Penindakan Kantor Bea Cukai Malang melakukan pemeriksaan pada Jasa Ekspedisi J&T Cargo MLG010B di Jalan Gadang 10B No. 1A, Gadang pada hari Selasa 27 September 2022. Petugas melakukan pemeriksaan terhadap barang – barang yang ada pada jasa ekspedisi tersebut berdasarkan mitigasi risiko dengan mempertimbangkan jumlah barang.
Petugas memilah barang – barang yang diduga rokok ilegal berdasarkan hasil analisa profil barang baik dari kemasan, berat, maupun alamat penerima. Selanjutnya dilakukan pembukaan barang yang telah dipilah oleh pihak ekspedisi dan disaksikan oleh penanggung jawab ekspedisi. Berdasarkan pemeriksaan tersebut, didapati Barang Kena Cukai (BKC) Hasil Tembakau (HT) jenis Sigaret Kretek Mesin (SKM) berbagai merek sebanyak 4 koli dengan total 1.930 bungkus tanpa dilekati pita cukai.
Kegiatan dilanjutkan esok harinya pada tanggal 28 September 2022, Tim Penindakan Kantor Bea Cukai Malang melakukan kegiatan patrol darat dengan menyisir Kecamatan Tajinan dan Kecamatan Kedungkandang. Petugas melakukan pemeriksaan terhadap barang – barang yang ada di beberapa toko berdasarkan mitigasi risiko. Dari pemeriksaan tersebut didapati 3 toko yang menyimpan dan menyediakan untuk dijual BKC HT Jenis SKM berbagai merek tanpa dilekati pita cukai sebanyak 881 bungkus.Kemudian Tim melakukan penegahan terhadap barang dan membawanya ke KPPBC Tipe Madya Cukai Malang.
Dalam kegiatan tersebut Tim juga melakukan sosialisasi dan himbauan kepada jasa ekspedisi agar tidak menerima pengiriman BKC HT ilegal serta kepada toko untuk tidak menjual BKC HT ilegal. Dari hasil penindakan tersebut ditaksir kerugian negara yang ditimbulkan sebesar Rp 33.518.400,00 dengan total perkiraan nilai barang mencapai Rp 63.684.960,00. “Bea Cukai akan terus melakukan pengawasan terhadap peredaran Barang Kena Cukai Ilegal dan akan menindak tegas segala bentuk pelanggaran ketentuan di bidang cukai” tegas Gunawan Tri Wibowo, Kepala KPPBC Tipe Madya Cukai Malang.


SISTEM APLIKASI PELAYANAN