blog-details

Bea Cukai Malang Lakukan Sinergi Dalam Rangka Persiapan Pembagian BLT DBHCHT

  • Berita Terkini
  • By Redaksi Bcmalang

Malang – Pada hari Jum’at, 9 September 2022, Bea Cukai Malang mengikuti Rapat Koordinasi Persiapan Pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) dalam rangka pemanfaatan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT). Rapat Koordinasi tersebut diselenggarakan oleh Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB ) Pemerintah Kota Malang sebagai sarana komunikasi dengan Perusahaan Industri Hasil Tembakau yang memiliki buruh pabrik penerima BLT di wilayah kota Malang.
Bertempat Aula Arjuna Kantor Dinas Sosial P3AP2KB, Rapat Koordinasi dibuka oleh Kepala Bidang Rehabilitasi Perlindungan dan Jaminan Sosial, Ibu Dra. Titik Kristiani Tri Rahayu, M.T., yang menyampaikan latar belakang pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang merupakan salah satu pemanfaatan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) yang dibagikan kepada provinsi penghasil cukai dan/atau provinsi penghasil tembakau.
Rapat Koordinasi juga dihadiri oleh Dinas Tenaga Kerja, Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Malang (Disnaker PMPTSP) dan Dinas Sosial Kabupaten Malang yang menyampaikan mekanisme, kendala dan upaya yang akan ditempuh dalam rangka pembagian BLT tersebut. Bea Cukai Malang yang diwakili oleh Bapak Wendy Dwi Nata, Pelaksana Pemeriksa pada Seksi Penyuluhan Informasi menyampaikan peran Bea dan Cukai dalam pemanfaatan DBHCHT dan pemaparan data Perusahaan Industri Hasil Tembakau yang telah disampaikan kepada Dinas Sosial P3AP2KB sebagai dasar pembagian BLT.
Rapat Koordinasi dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab secara interaktif. Para perwakilan Perusahaan Industri Hasil Tembakau meyampaikan pertanyaan dan masukan terkait kriteria buruh pabrik, periode dan mekanisme pembagian BLT. Acara ditutup dengan Closing Statement dari Ibu Dra. Titik Kristiani Tri Rahayu, M.T. yang menyampaikan bahwa pembagian BLT merupakan salah satu upaya Pemerintah dalam meningkatkan kesejateraan masyarakat melalui pemanfaatan DBHCHT dan sekaligus mendukung Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

blog-details

Bea Cukai Malang Lakukan Sinergi Dalam Rangka Persiapan Pembagian BLT DBHCHT

  • Berita Terkini
  • By Redaksi Bcmalang

Malang –Bea Cukai Malang ikuti Rapat Koordinasi Persiapan Pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) dalam rangka pemanfaatan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) berlokasi di eL Hotel Grande pada Senin (14/11/2022). Rapat Koordinasi tersebut diselenggarakan oleh Dinas Sosial Pemerintah Kabupaten Malang dengan mengundang berbagai dinas terkait, Mantri Tani, perwakilan Gaperoma, PT. Pos Indonesia, serta para Human Resource Development (HRD) perusahaan hasil tembakau di wilayah Kabupaten Malang. Rapat koordinasi ini sebagai sarana komunikasi dengan mantri tani dan perusahaan industri hasil tembakau yang memiliki data buruh tani dan buruh pabrik penerima BLT di wilayah Kabupaten Malang.
Rapat Koordinasi dibuka oleh Sekretaris Dinas Sosial, Wendi Hermawan yang menyampaikan latar belakang pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang merupakan salah satu pemanfaatan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) yang dibagikan kepada provinsi penghasil cukai dan/atau provinsi penghasil tembakau.
Bea Cukai Malang yang diwakili oleh Agnita Adityawardani, Pejabat Fungsional Ahli Pertama menyampaikan garis besar PMK Nomor 215/PMK.07/2021 Tentang Penggunaan, Pemantauan, dan Evaluasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau. Agnita menekankan bahwa penyaluran BLT DBHCHT harus dilakukan dengan baik. “Yang terpenting adalah penyaluran BLT DBHCHT ini dapat dilakukan secara efektif, efisien, dan tepat sasaran guna memberikan manfaat yang optimal kepada masyarakat sesuai dengan Undang-undang No. 6 Tahun 2021 Tentang APBN. Kiranya Allah SWT senantiasa meringankan Langkah kita bersama dan menjadi nilai ibadah bagi kita semua. Demikian kami sampaikan, terima kasih atas Kerjasama dan dukungan yang kuat atas terlaksananya Bantuan Langsung Tunai melalui DBHCHT Tahun Anggaran 2022,” pungkas Agnita.
Rapat Koordinasi dilanjutkan penyampaian mekanisme pembagian BLT oleh PT. Pos Indonesia selaku pihak yang akan terjun langsung ke lapangan membagikan BLT kepada 2.008 orang buruh tani dan 10.604 orang buruh pabrik. Acara ditutup dengan diskusi dengan para pihak perusahaan industri hasil tembakau dan para mantri tani.


SISTEM APLIKASI PELAYANAN