Layanan - Pemindahlekatan Pita Cukai (Switching)


Permohonan Pemindahlekatan Pita Cukai (Switching)

 

1. Persyaratan Pelayanan

 

1. Merek lain yang akan dilekati pita cukai yang telah direalisasikan dengan CK-1 atau CK-1A, harus memenuhi:

a. Untuk HT berlaku ketentuan jenis, tarif, harga jual eceran, dan isi per kemasannya harus sama dengan yang tertera di Pita Cukai;

b. Untuk MMEA berlaku ketentuan tarif, golongan, kadar alkohol, dan volume/isi per kemasannya harus sama dengan yang tertera di Pita Cukai; dan

c. Merupakan merek yang masih berlaku sesuai dengan ketentuan peraturan perundangundangan yang mengatur mengenai tarif cukai hasil tembakau atau tarif cukai MMEA.

 

2. Pelekatan Pita Cukai pada MMEA Impor ke MMEA Impor merek lain dikecualikan dari ketentuan pemindahlekatan pita cukai ini.

3. Pita Cukai yang akan dilekati ke merek lain harus belum dilekatkan pada kemasan HT atau MMEA.

4. Permohonan Pemindahlekatan Pita Cukai (Switching) sesuai format Lampiran Huruf L Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai nomor: PER-24/BC/2018, disampaikan kepada Kepala KPPBC Malang, dengan melampirkan:

a. CK-1 atau CK-1A atas merek asal pemindahlekatan; dan

b. Surat keputusan penetapan tarif cukai yang masih berlaku atas merek tujuan pemindahlekatan

 

2. Sistem, Mekanisme dan Prosedur

 

1. Pengusaha Pabrik atau Importir mengajukan permohonan disertai lampiran kepada Kepala KPPBC Malang.

2. Pejabat Bea dan Cukai melakukan penelitian atas Permohonan Pemindalekatan Pita Cukai (Swithcing).

3. Kepala KPPBC Malang dapat menugaskan Pejabat Bea dan Cukai untuk melakukan pengawasan kegiatan pemindahlekatan pita cukai (switching) terhadap Pengusaha Pabrik atau Importir yang memiliki risiko tinggi berdasarkan profil pengusaha.

4. Kepala KPPBC Malang menerbitkan Surat Persetujuan atau Surat Pemberitahuan Penolakan yang memuat alasan penolakan

 

3. Jangka Waktu Penyelesaian Jangka waktu penyelesaian produk pelayanan ini adalah maksimal 2 (dua) hari kerja sejak pengajuan Permohonan Pemindahlekatan Pita Cukai (Switching) diterima dengan lengkap dan benar

 

4. Biaya/Tarif Tidak dipungut biaya

 

5. Produk Pelayanan Surat Persetujuan atau Surat Pemberitahuan Penolakan

 

6. Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan

 

1. Pengaduan, saran, dan masukan dapat disampaikan secara online melalui Sistem Pengaduan Masyarakat (SIPUMA) di http://www.beacukai.go.id/pengaduan.ht ml atau ke email pengaduan.beacukai@customs.go.id atau ke wise.kemenkeu.go.id


2. Pengaduan, saran, dan masukan langsung via saluran telepon ke (021) 1500 225 (Bravo Bea Cukai) atau faksimile ke (021) 4890966 dan Surat d.a. Direktur Kepatuhan Internal Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jl. Ahmad Yani By Pass - Rawamangun, Jakarta Timur Jakarta – 13230


3. Menyampaikan pengaduan, saran, dan masukan langsung melalui Unit Kepatuhan Internal KPPBC TMC Malang melalui Nomor 0341-5080-494 atau email kipbcMalang@gmail.com

 

7.Dasar Hukum

 

1. Peraturan Menteri Keuangan Nomor 68/PMK.04/2018 tentang Pelunasan Cukai

2. Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor PER-24/BC/2018 tentang Tata Cara Pelunasan Cukai

 



SISTEM APLIKASI PELAYANAN